Akhir Tahun, Guru Depok Berlibur ke Luar Negeri

DEPOK _ Kantor Imigrasi Depok mengaku kebanjiran permintaan permohonan pembuatan paspor. Hal itu terbukti dengan meningkatnya pemohon paspor sejak awal Desember 2010 hingga 80 persen.

Sesuai data Kantor Imigrasi Depok, pada hari biasa, jumlah pemohon paspor hanya 50 orang. Namun, satu pekan belakangan jumlahnya melonjak hingga 200 pemohon setiap hari.

Kepala Seksi Lalu Lintas Status dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok Khalid Umri mengatakan, ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Depok bahkan mengajukan permohonan paspor untuk berlibur ke luar negeri pada Desember ini.

Umumnya, kata dia, didominasi oleh para guru.

"Secara detil saya tidak dapat menyebutkan jumlahnya. Yang jelas sekitar ratusan PNS Depok mengajukan pembuatan paspor, dari ratusan PNS tersebut, didominasi oleh kalangan guru. Rata-rata mereka berlibur ke luar negeri karena ini musim liburan," katanya kepada wartawan, Rabu (22/12/10).

Dia menjelaskan, negara di Asia rata_rata menjadi lokasi tujuan warga Depok. Terhitung Desember ini, sambung Khalid jumlah pemohon mencapai 1.534 orang. "Sebanyak 80 persen negara tujuannya yaitu Singapura dan Malaysia. Terjadinya lonjakan pemohoh, membuat jam operasional terpaksa ditambah kalau tidak begini warga nanti tidak dapat terlayani," tandas Khalid.