Overblog Follow this blog
Edit page Administration Create my blog
/ / /

Senin, 19/04/2010 13:09 WIB

Ken Yunita - detikNews


Foto: Dokumen detikcom

Jakarta - Gugatan praperadilan Anggodo Widjojo atas surat keputusan penghentian penyidikan (SKPP) Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah dikabulkan hakim. Artinya, Bibit dan Chandra harus dimejahijaukan. Putusan ini dianggap kemenangan mafia peradilan dan antek-antek koruptor.

"Ini luar biasa, saya sampai nggak bisa berkomentar," begitu komentar Dr Hamid Chalid, dosen Ilmu Hukum Tata Negara Universitas Indonesia (UI) yang juga penggiat antikorupsi dari Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI).

Berikut wawancara detikcom dengan Dr Hamid, Senin (19/4/2010).

Anggodo menang, bagaimana tanggapannya?


Ya, yang jelas ini adalah kemenangan pertama mafia peradilan dan antek-antek koruptor.

Kenapa bisa begini?


Sekarang ini kan gerakan antikorupsi sedang lemah. Nah ini para mafia peradilan dan antek-antek korupsi seperti mendapat angin. Dengan adanya putusan ini, mereka berharap masyarakat nggak akan berbuat apa-apa.

Kalau sudah terlanjut Anggodo menang?


Ya sudah, jadi terdakwa. Ini memang upaya penghancuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang luar biasa sukses.

Kenapa hakim bisa memenangkan Anggodo?


Saya melihat SKPP memang sengaja dibuat cacat hukum sehingga mudah dipatahkan. SKPP sengaja dibuat cacat, seperti sengaja dibuat celah untuk dibatalkan.

Apa yang harus dilakukan?


Para penggiat antikorupsi harus sadar kita harus menyatukan visi. Kita mau mempertahankan KPK atau biarkan dia hancur. Yang kedua, presiden kita yang hanya sibuk mematut-matut dirinya, sehingga tidak mengurusi negeri ini.

Giliran dia dihadapkan pada persoalan, baru bentuk ini dan bentuk itu. Itu semua hanya upaya lempar tanggung jawab. Kenapa tidak bisa tegas.

Apa yang bisa dilakukan presiden saat ini?


Kalau sudah masuk ke pengadilan, justru Presiden tidak bisa masuk. Kalau dari dulu tegas, kan bisa diselesaikan dari dulu. (ken/nrl)

 

Baca juga :

Share this blog

Repost 0
Published by

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES