Overblog Follow this blog
Edit page Administration Create my blog
/ / /
   
   
Selasa, 27 April 2010 22:24
 Zul Sikumbang- www.primaironline.com

Jakarta - Polri menyimpulkan lima modus operandi yang dilakukan oleh Gayus Halomoan Tambunan sehingga ia mendapatkan komisi dari wajib pajak.

Kelima modus itu diuraikan oleh Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dalam Rapat Kerja Polri-Komisi III DPR di Jakarta, kemarin.

Modus pertama adalah pengaturan nilai pajak. Wajib pajak dengan bantuan konsultan pajak bekerja sama dengan petugas pemeriksa dari Ditjen Pajak untuk melakukan kesepakatan menurunkan nilai pajak dengan mengatur dokumen/administrasi perpajakan.

"Dengan memberikan fee kepada petugas pajak yang melakukan penurunan nilai penghitungan pajak tersebut," kata Kapolri dalam jawabannya kepada Komisi III.

Modus kedua adalah penyelesaian keberatan wajib pajak pada tingkat Direktorat Keberatan dan Banding. Modus ini terjadi pada wajib pajak yang mengajukan keberatan setelah menerima surat ketetapan pajak dari Ditjen Pajak yang diajukan ke Direktorat Keberatan dan Banding. Ada dua kemungkinan, keberatan ditolak atau keberatan diterima.

"Terhadap keberatan yang ditolak maka wajib pajak mengajukan banding ke pengadilan pajak dengan meminta bantuan pegawai pajak, mengurus sidang banding untuk melakukan kolusi dengan hakim di pengadilan banding agar putusan banding diterima sehingga wajib pajak tidak diwajibkan membayar pajak atau nilai pajaknya diturunkan. Sedangkan keberatan yang diterima maka kewajiban membayar pajak tersebut diabaikan dengan melakukan rekayasa data-data perpajakan," kata Kapolri.

Modus ketiga adalah penyelesaian keberatan wajib pajak pada tingkat pengadilan banding. Dalam proses banding ini terdapat tiga komponen yang saling berinteraksi yaitu negara diwakili oleh petugas pajak, hakim pengadilan pajak, dan wajib pajak.

"Gayus sering mewakili negara dalam sidang banding keberatan pajak sehingga yang bersangkutan yang menyusun memori banding atas SKP pajak yang disusunnya sendiri, akibatnya dalam sidang tersebut dengan mudah wajib pajak dimenangkan sehingga tidak membayar pajak kepada negara," kata Kapolri.

Modus keempat adalah konsultan pajak gelap. Dalam modus operandi ini pegawai pajak bertindak selaku konsultan gelap wajib pajak yang menjadi objek pemeriksaannya sehingga yang bersangkutan dapat mengatur SPT dan tidak melakukan pemeriksaan atas SPT wajib pajak.

Modus kelima adalah menahan surat ketetapan pajak. Petugas pajak yang melakukan pemeriksaan telah membuat kesepakatan dan deal dengan wajib pajak untuk memberikan sejumlah uang sebagai kompensasi atas nilai pajak yang diturunkan. Setelah ada pemberitahuan nilai pajak dari Ditjen Pajak ternyata SKP wajib pajak tidak segera diberikan karena deal yang telah disepakati belum diberikan.

"Wajib pajak yang ditahan SKP-nya ini kemudian meminta bantuan kepada pegawai pajak untuk mengurus SKP yang ditahan tersebut dengan menghubungi Maruli Manurung. Selanjutnya Maruli Manurung menghubungi Irjen Depkeu untuk melakukan pemeriksaan terhadap penahanan SKP wajib pajak sehingga SKP tersebut dikeluarkan," kata Kapolri.
(aka)

 

Artikel, opini, suara pembaca, dan konsultasi hukum kirim ke redaksi@primaironline.com


 

Berita Terkait

Cirus diperiksa 14 jam & minta jala...
Diperiksa Polri, Jaksa Cirus bawa 2...
5 jaksa kasus Gayus diperiksa sebag...

Share this blog

Repost 0
Published by

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES