Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
September 15 2012 7 15 /09 /September /2012 21:20
 

PetaPolitik.Com – Penjelasan Antasari Azhar merupakan  bagian yang tidak terpisahkan dalam laporan Timwas termasuk nanti yang akan dihasilkan,  Timwas mendengarkan penjelasan dari  Jusuf Kalla tanggal (19/9).


Rangkuman penjelasan AA dan JK nanti diharapkan juga, dapat menambah keyakinan Komisi Pemberantasan Korupsi  akan adanya suatu rangkaian peristiwa yang tidak dapat dipisahkan antara rapat pada tanggal 9 Oktober  2008 yang dihadiri AA  namun tanpa kehadiran JK karena tidak diundang Dengan lahirnya Perppu No.4/2008 yang memberikan imunitas atau kekebalan hukum bagi pengambil kebijakan.


Seperti diketahui, Perppu itulah yg kemudian dipakai sebagai dasar rencana bailout Bank Indover yang gagal dan bailout Bank Century yang  kini bermasalah.


“Sebab, selama ini Kita menduga KPK keliru menggunakan paradigma dalam menentukan delik pidana saat menafsirkan kesalahan (schuld) serta niat jahat (mens rea) untuk terpenuhinya unsur delik korupsi. Padahal seharusnya pembuktian ‘mens rea’ adalah adanya ‘actus reus’ (tindakan salah),” ujar inisiator Timwas Century, Bambang Soesatyo, Sabtu (15/9).

Politisi Golkar ini menambahkan, Untuk membuktikan apakah actus reus mengandung unsur mens rea kita liat dari unsur ‘kesengajaannya’ (opzettelijk). Yakni, Willen (perbuatan itu dikehendaki dan diketahui) dan Wetten (perbuatan itu diketahui akibatnya).


Kata Bambang, Perbuatan-perbuatan  yang melanggar ketentuan dalam pemberian FPJP, dengan merubah CAR dan peryaratan lain dengan mengabaikan pandangan Direktur Pengawasan BI dalam rapat Dewan Gubernur BI, serta bentuk intervensi Gubernur BI agar Bank Century dibantu denga alasan tidak ingin ada Bank yang tutup karena akan berakibat buruk bagi perekonomian meskipun melanggar ketentuan adalah dikehendaki dan diketahui. Akibat dari perbuatan tersebut yang berdampak pada kerugian negara.


“Unsur-unsur itu sesungguhnya telah memenuhi unsur suatu ‘niat jahat’ denga cara melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang. Apalagi BPK telah menyimpulkan adanya perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan wewenang dan potensi kerugian negara,” tegasnya.


Lantas siapa lagi yang akan dihadirkan Timwas Century setelah Antasari dan Jusuf Kalla?

“Setelah menghadirkan Jusuf Kalla,  Timwas Century kemungkinan akan memanggil Susno Duadji dan Miranda Gultom untuk terpenuhinya unsur delik korupsi sebagai masukan bagi KPK,” demikian Bambang.[bnt]

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES