Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
December 5 2011 2 05 /12 /December /2011 18:03

Senin, 05/12/2011 15:16 WIB 
Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan ada 50% pegawai negeri sipil (PNS) muda yang kaya terindikasi melakukan tindak pidana korupsi.

Demikian diungkapkan oleh Wakil Ketua PPATK Agus Santoso kepada detikFinance, Senin (5/12/2011).

"Ada 50% PNS muda kaya yang terindikasi korupsi. Perilaku koruptif para pejabat muda usia ini berdasarkan hasil analisis PPATK yang sebetulnya sudah lama dilakukan," kata Agus.

Adapun indikator kaya menurut Agus adalah bergaya hidup mewah, mempunyai barang mewah, kemudian dari jumlah rekening yang tidak wajar.

Agus mengatakan, PPATK senantiasa memonitor sepak terjang para pelaku tindak korupsi ini. Banyak modus yang digunakan para PNS untuk korupsi, salah satunya adalah memindahkan dana APBN/APBD ke rekening pribadinya.

Sebelumnya Agus mengatakan, banyak PNS muda berusia 28 tahun yang terindikasi korupsi. Modusnya unik, bersama sang isteri anak muda ini secara aktif mencoba menyamarkan dan menyembunyikan harta yang didapat secara haram.

Modus yang diindikasikan korupsi ini dilakukan melalui beberapa cara. Diantaranya, mengalirkan dana yang diindikasikan dari penyelenggaraan negara berupa proyek fiktif, gratikasi hingga suap kepada keluarganya.

"PPATK senantiasa memonitor sepak terjang para pelaku itu, baik yang sudah ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum maupun yang belum ditindaklanjuti," jelas Agus.

Banyaknya tindakan korupsi ini menurut Agus membuat Transparency International Indonesia (TII) menempati Indonesia di posisi 100 dari 183. Berarti Indonesia masih parah korupsinya.

Dari 183 negara Indonesia mengalami kenaikan skor 0,2 dibanding tahun 2010, dan menempati 100 dengan skor indeks persepsi korupsi (IPK) sebesar 3,0.

Hasil survei tersebut berdasarkan penggabungan hasil 17 survei yang dilakukan lembaga-lembaga internasional pada tahun 2011. Rentang indeks berdasarkan angka 0-10, angka 0 berarti dipersepsikan sangat korup, dalam hal ini Somalia, Afghanistan, Myanmar, Korea Utara, Uzbekistan memperoleh urutan terbawah.

"Saya tentu sedih sekali memahami bahwa IPK kita seperti itu dan itu sudah berlangsung cukup lama mulai dari 2,6 lalu 2,8 dan beranjak jadi 3,0," tukas Agus.
(dnl/ang)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES