Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
March 11 2010 5 11 /03 /March /2010 01:26
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:yRCh6antypEKhM:http://i147.photobucket.com/albums/r299/malaysianunplug/rank_perc_2007.gifMerujuk  survei yang dilakukan perusahaan konsultan yang berbasis di Hong Kong, Political & Economic Risk Consultancy (PERC), Indonesia dianggap sebagai negara paling korup dari 16 negara Asia Pasifik yang menjadi tujuan investasi.

Hasil survei tersebut tidak terbantahkan dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya terutama di bidang penegakan hukum dan pelayanan publik yang menjadi  pemicu terjadinya praktek korupsi di Indonesia.

Dan menjadi sangat aktual dan faktual jika dilihat dari kasus atau skandal besar yang terjadi di Republik ini terkait dengan pengucuran bail out Bank Century, sebesar Rp.6,7 trilyun, atas dasar kebijakan yang penuh dengan kebohongan, kolusi dan rekayasa demi kepentingan sesaat kelompok tertentu, dengan dalih "penyelamatan bank gagal yang berdampak sistemik". Menurut analisis para pakar dan Pansus DPR RI yang bertugas menyelidiki Kasus Bank Century, dalih tersebut adalah tanpa dasar hukum dan melanggar peraturan perundang-undangan. Dengan demikian, kebijakan dan pengucuran dana bail out (Penyertaan Modal Sementara) kepada Bank Century  adalah bermasalah dan berpotensi merugikan keuangan negara.

Lebih relevan lagi, jika dilihat dari reformasi birokrasi dan penegakan hukum yang dapat dikatakan hanya sebatas wacana, tanpa implementasi yang jelas dan terkesan hanya sebagai alat   pencitraan politik dari pemerintahan yang sedang berkuasa,  dan  sangat jauh dari semangat ingin mewujudkan  clean  government dan good governance, yang  menjadi salah satu pokok penting bagi suksesnya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Faktor lain yang semakin melegitimasi  score atau penilaian PERC terkait  praktek korupsi di Indonesia, adalah standar ganda yang djalankan pemerintahan sekarang ini terhadap pemberantasan korupsi. Disatu sisi mendukung pemberantasan korupsi, disisi lain memposisikan institusi pemberantasan korupsi (KPK), sebagai batu sandungan yang membahayakan kemapanan penguasa saat ini. Hal ini akan semakin menumbuhsuburkan praktek korupsi di Indonesia karena memperoleh momentum dari dinamika politik  yang  sedang  terjadi sekarang ini.

 Apa yang mesti dilakukan untuk merubah posisi Indonesia dari negara terkorup di Asia Pasifik menjadi negara yang paling bersih di kawasan Asia Pasifik ? Rakyat Indonesia tidak dapat berharap banyak dari para penyelenggara negara, penegak hukum di negeri ini, untuk tampil sebagai pelopor dan pejuang di garis depan gerakan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Harapan tertumpu pada Aktivis Gerakan Anti Korupsi, yang sekarang ini makin giat dan berani melakukan dukungan sekaligus koreksi, penekanan dan pengawasan terhadap Kejaksaan, POLRI, maupun KPK, agar tidak menyimpang dalam melakukan tugas dan fungsinya, untuk memberantas korupsi di negeri ini.

Dan yang sangat perlu diwaspadai adalah,  mafia korupsi dan  mafia hukum semakin merapatkan barisan, melakukan perlawanan terhadap gerakan dan insititusi pemberantasan korupsi (KPK) dengan berbagai upaya dan strategi kotor dan keji, baik melalui jalur politik, birokrasi dan lingkaran kekuasaan sentral, dengan memanfaatkan degradasi moral yang semakin menjangkiti mental para aparat, politisi dan pemimpinnya.



 





Share this post

Repost 0
Published by Harsudi CH - in ARTIKEL
write a comment

comments

ivan kavalera 03/22/2010 14:15


Terimakasih banyak sudah berkunjung ke blog saya mas. Salam kenal. Sukses dan tetap semangat buat jagadraya.


Harsudi CH 03/22/2010 15:46


Sama-sama mas Ivan, Trim's pula atas kunjungannya. Ya,,,,kita harus selalu semangat terutama untuk Indonesia tercinta dengan segala carut marutnya. Dengan
semangat dan pemikiran seluas jagad raya, mudah2an ada manfaatnya walaupun sebesar zarah, yang turut memberikan  solusi bagi bangkitnya negeri ini dari keterpurukan multidimensi, khususnya
akibat tindakan asusila para koruptor. Itu semua karena kita bagian dari Bumi Ibu Pertiwi.


ajeng 03/20/2010 10:14


Lakukan sesuatu semampu dan sesuai kapasitas kita masing2 kita untuk mencegah dan memberantas korupsi di negeri ini. Semoga negeri tercinta ini semakin baik..


Harsudi CH 03/20/2010 14:54


Betul, jika kesadaran dan kepedulian seperti yang Ibu maksud, sudah dilakukan secara serentak/lingkup nasional, sangat terbuka
kemungkinan korupsi akan tersingkir dengan sendirinya, karena tidak diberi kesempatan dan ruang sekecil apapun. Dan semuanya adalah proses, paling tidak sudah ada dinamika kearah sana.
Terimakasih Ibu Ajeng.


attayaya 03/20/2010 05:25


para koruptor selalu punya cara manjur untuk menghindar dari hukum. tapi harus tetap diberantas.
hajaaaar....

salam kenal mas


Harsudi CH 03/20/2010 09:30



Mudah2an perlawanan terhadap praktek korupsi, tidak akan pernah surut. Perjalanan panjang dan perjuangan tiada akhir adalah
syarat utama, agar rakyat negeri ini memperoleh kembali hak mereka, yang sudah terampas.
Terimakasih bang ... atas kunjungan nya



Mas Ben 03/20/2010 03:22


Halo Mas Harsudi, apa kabar ? Makasih sudah mampir ke Bentoelisan :)
Salam kenal dan selamat untuk Jagadraya.over-blog.com.

Salam bentoelisan
Mas Ben


Harsudi CH 03/20/2010 09:56


Baik-baik saja,  dan selalu teriring harapan kemakmuran akan menghampiri rakyat miskin di negeri ini.  Terimakasih
juga.. mas Ben. 


Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES