Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
March 31 2011 5 31 /03 /March /2011 17:42

Rabu, 30/03/2011 16:28 WIB

Indra Subagja - detikNews

Jakarta - Revisi UU Tipikor yang berada di tangan pemerintah menuai kritik pedas. Pemerintah dinilai berniat melemahkan pemberantasan korupsi. Salah satu poinnya mencabut kewenangan penuntutan KPK.

"Konsistensi SBY sebagai pimpinan eksekutif dipertaruhkan dalam revisi UU Tipikor dan kewenangan KPK ini," kata Koordinator Divisi Hukum ICW, Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu (30/3/2011).

Febri menjelaskan, setidaknya, jika memang tidak bisa memperkuat KPK dan pemberantasan korupsi, minimal pemerintah tidak mengurangi kewenangan yang sudah ada.

"Jadi keberadaan pasal 32 di RUU Tipikor yang mencabut kewenangan penuntutan KPK, patut dicurigai sebagai upaya memangkas kembali kewenangan KPK," imbuh Febri.

Febri menilai aneh isi revisi UU Tipikor itu yang kini berada di tangan pemerintah, padahal sebelumnya dalam proses pembahasan RUU Pengadilan Tipikor, Presiden SBY pernah menyatakan kewenangan penuntutan tetap harus ada di KPK.

"Mungkin yang kita perlu penjelasan, kenapa pasal sumir seperti itu muncul kembali. Karena wacana yang berkembang saat ini, pemangkasan kewenangan penuntutan KPK akan merugikan SBY, karena dianggap ingin melemahkan KPK," tuturnya.

Jadi menyikapi polemik itu, pemerintah harus kembali menegaskan sikap tidak akan melemahkan dan memangkas kewenangan KPK.

"SBY masih punya waktu 3 tahun, jika berkomitmen dengan pemberantasan korupsi," tegasnya.

(ndr/nrl)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES