Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
December 23 2011 6 23 /12 /December /2011 19:00

Jumat, 23/12/2011 14:24 WIB
   
Whery Enggo Prayogi - detikFinance


Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) mencatat tindak pencucian uang dan transaksi mencurigakan semakin berkembang. Salah satunya adalah menyalahgunakan dana APBN untuk pemenangan pemilu kepala daerah.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan PPATK, Muhammad Yusuf dalam refleksi akhir tahun 2011, seperti dikutip detikFinance, Jumat (23/12/2011).

"Modus operansi yang dilakukan para pelaku tindak pidana pencucian uang terus berkembang, mengambil celah agar sulit terlacak," ucapnya.

"Tren penggunaan rekening pihak ketiga dalam melakukan pencucian uang dengan menggunakan rekening istri dan anak, serta usaha yang legal dalam pencucian uang," tambah Yusuf.

PPATK mencatat, penggunaan rekening pribadi bendahara yang melibatkan kepala daerah dan bendahara pemerintah, dengan penyalahgunaan APBN. Modusnya dengan membuka rekening pribadi di bank, sebagai penampungan dana.

"Dana ini digunakan untuk keperluan kampanye pemenangan pemilu kepala daerah," tegasnya.

PPTAK juga menjelaskan, hasil pencucian uang sering kali diinvestasikan ke dalam instrumen keuangan, seperti SBI, deposito dan atau perusahaan asuransi.

(wep/qom)

Share this post

Repost 0

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES