Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
June 4 2011 7 04 /06 /June /2011 14:17


Sabtu, 04/06/2011 11:09 WIB

Febrina Ayu Scottiati - detikNews

Politikus, Birokrat & Pengusaha Jadi 'Trio Macan' Koruptor Jakarta - Korupsi kian membuncah di Indonesia. Berbagai survei dan jajak pendapat menunjukkan Indonesia sering mendapat nilai merah dalam hal korupsi. Tiga elemen penting dinilai sebagai momok munculnya para koruptor itu.


"Menurut kajian kami yang menjadi sumber pokok korupsi politik ada pada politikus, pengusaha dan birokrat. Mereka menjadi trio macan korupsi," kata Kepala Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW, Ade Irawan.

Hal itu disampaikan dalam diskusi bertajuk 'Indonesiaku dibelenggu Koruptor', di RM warung Daun, Jl Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/2011).

Ade juga mengatakan rapor korupsi Indonesia selalu memprihatinkan. Indonesia selalu menjadi jawara sebagai negara paling korup di Asia Tenggara.

"Menurut kajian yang kami lakukan selama tahun 2010 ada 700 kasus korupsi yang melibatkan ribuan aktor mulai tingkat pusat hingga ke daerah. Kerugian negara akibat korupsi itu hingga Rp 5 triliun lebih," terangnya.

Bila melihat peta korupsi, lanjut Ade, korupsi dilakukan dari hulu hingga hilir. Riset yang dilakukan ICW menunjukkan dua bagian penting dari masyarakat, pendidikan dan keagamaan telah tergerogoti korupsi.

"Kami telah meriset pendidikan dan keagamaan juga terjangkiti korupsi. Di sekolah, kepala sekolah jadi aktor utama koruptor. Saya lulusan pesantren dan kyai saya bercerita bantuan yang didapatnya juga dipangkas atas alasan infaq. Kalau kedua tempat itu sudah diracuni korupsi kita belajar dari mana lagi," ujar Ade.

(feb/gah)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES