Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
September 22 2010 4 22 /09 /September /2010 02:23
20 September 2010
Uang Saku Pejabat Rp 20 Juta/Hari

JAKARTA- Suara Merdeka- Perjalanan dinas untuk pejabat pemerintah dan anggota DPR dianggarkan di APBN mencapai Rp 19,5 triimageliun. Jumlah anggaran ini, termasuk kunjungan ke luar negeri besarnya empat kali lipat lebih dari anggaran Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang hanya Rp 4,5 triliun.

 

Koordinator Advokasi dan Investigasi Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) Uchok Sky Khadafi kepada Suara Merdeka, Minggu (19/9), mengatakan, elite pemerintah dan DPR tidak sensitif terhadap rakyat.

’’Uang rakyat yang dikeruk ternyata dihamburkan-hamburkan untuk plesiran ke luar negeri. Sementara, program BOS dan penanggulangan kemiskinan seperti PNPM senilai Rp 7,4 triliun. Melihat kondisi ini, pemerintah dan DPR telah mengingkari amanat konstitusi Pasal 23 ayat (1) yang menyatakan APBN ditujukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,”katanya.

 

Dia memaparkan, lembaga Kepresidenan memiliki pagu anggaran kunjungan luar negeri tertinggi senilai Rp 179 miliar. Mahalnya kunjungan ke luar negeri oleh presiden karena setiap keberangkatan menggunakana pesawat carteran dan membawa rombongan besar hampir mencapai 100 orang.

 

Ia berpendapat, seharusnya sebagai kepala negara, Presiden harus memberikan contoh kepada kementerian/lembaga lain dengan berhemat menggunakan pesawat komersial seperti yang dilakukan beberapa kepala negara lain.


’’Sehingga tidak mengherankan, himbauan presiden untuk berhemat mengurangi biaya perjalanan tidak akan pernah terwujud mengingat  presiden dan DPR memiliki hobi plesiran yang sama,’’ sindirnya.

 

Bagi-bagi Jatah

Sementara itu, anggaran perjalanan untuk wakil rakyat mencapai  Rp 170 miliar.  Dari penelusuran DIPA APBN DPR 2010, kesan bagi-bagi jatah plesiran sangat kentara. Seluruh komisi di DPR  memperoleh jatah ke luar negeri 1-3 negara.

 

Begitu juga dengan seluruh alat kelengkapan DPR, mulai dari Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Kehormatan (BK), Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP), Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Anggaran (Banggar).


’’Jatah ke luar negeri juga diperoleh DPR untuk RUU inisiatif DPR dan pembahasan RUU yang berasal dari pemerintah, sebanyak 2-3 negara untuk setiap RUU dengan jatah Rp 1,7 miliar per RUU-nya,” ujarnya.

Ketertarikan DPR ke luar negeri juga ditambah uang saku harian antara Rp 20-25 juta setiap orang selama 7 hari dengan menyesuaikan negara tujuan. Belum lagi uang representasi Rp 20 juta untuk sekali keberangkatan. Tak heran, lanjut Uchok, jika seluruh fraksi di DPR, baik yang oposisi maupun koalisi satu suara menutup telinga dan mata atas kritik publik.

 

Dia mengatakan, sulit mengharapkan DPR dapat mengkritisi anggaran luar negeri untuk pemerintah, jika DPR sendiri terbuai dengan hobi plesiran. ’’Untuk itu, Seknas FITRA meminta DPR untuk segera menghentikan kebiasaan buruk jalan-jalan ke luar negeri dan mengkritisi belanja perjalanan dinas luar negeri di kementerian/lembaga,” ujarnya.

 

Sebab dalam pantauan Fitra, kementerian dan lembaga negara juga punya hobi yang sama. Ia mencontohkan Kementerian Kesehatan memperoleh pagu anggaran Rp 145 miliar.

 

Dia menilai tidak terlihat urgensinya, Kementerian Kesehatan memperoleh jatah plesiran yang luar biasa besar, di tengah kematian ibu dan bayi, gizi buruk dan penyakit menular.


’’ Seknas FITRA juga meminta kepada Presiden untuk tidak sekedar retorika melakukan penghematan dan membatalkan niat membeli pesawat kepresidenan, dengan memberikan contoh menggunakan pesawat komersil pada saat melakukan kunjungan kerja,” tegasnya.(J13-53)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES