Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
September 14 2012 6 14 /09 /September /2012 01:24

Reporter : Dimas Triyanto Putro (dimas@gresnews.com)
Editor : Dudi Sabil Iskandar (dudi.iskandar@gresnews.com)
Kamis, 13 September 2012 , 17:43:20 WIB 

 

Indikasi peran kekuasaan dalam dana talangan Bank Century tidak otomatis terhapus oleh keterangan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar. Dalam rapat 9 Oktober 2008 di kantor presiden yang tidak membicarakan dana talangan Century, justru penjelasan Antasari di depan Timwas DPR, mengkonfirmasi bagaimana kekuasaan merencanakan sesuatu berupa payung hukum pengamanan untuk tindakan yang akan dilakukan.

Demikian dikemukakan anggota Timwas Century, Bambang Soesatyo, dalam siaran pers yang diterima Gresnews.com, Kamis (13/9). "Kita memahami keterbatasan Antasari sebagai warga binaan yang sangat tergantung pada kemurahan hati Menteri Hukum dan HAM khususnya terkait dengan remisi."

Pernyataan Antasari "Pertemuan itu memang tidak membicarakan soal dana talangan Century. Namun mereka merencanakan sesuatu, saya tahu." Rencana yang dimaksud Antasari terbukti pertemuan 9 Oktober di Istana itu melahirkan Perppu Nomor 4 Tahun 2008 yang memberikan imunitas (bebas pidana) bagi pengambil kebijakan. Pernyataan Antasari, mengapa waktu rencana mau membailout Indover diajak bicara, saat membailout Bank Century tidak diajak bicara menjadi penting untuk didalami.

Sebelum agenda bailout Century, ada dua peristiwa yang tidak bisa dipisahkan dari rangkaian peristiwa tersebut. Yakni, usaha menyuntik atau menyelamatkan Bank Indover di Belanda Rp4,7 triliun dan blanket guarantee dengan biaya sekitar Rp300an triliun. Namun keduanya gagal. Penyelamatan Bank Indover gagal karena ditolak DPR. Sedangkan blanket guarantee ditolak Wakil Presiden Jusuf Kalla. Karena menurut Jusuf Kalla kebijakan tersebut rentan disalahgunakan dalam memanfaatkan situasi krisis ekonomi 2008 untuk tujuan tertentu.

Selain itu, patut diduga ada motif menunggangi kebijakan bailout untuk melakukan kejahatan, karena sejumlah forum rapat yang merumuskan skenario bailout dilakukan tanpa kehadiran atau sepengetahuan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang saat itu mengemban tugas Plt Presiden yang sedang berada di luar negeri.

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES