Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
November 24 2009 3 24 /11 /November /2009 17:39
miskin-4.jpgMenyimak dan mencermati perseteruan antar institusi penegak hukum akhir- akhir ini, antara POLRI, Kejaksaan Agung dan KPK, dan juga apabila dilihat dari kuatnya dominasi mafia hukum dan / atau korupsi, maka diperlukan  waktu yang lama  untuk membasmi korupsi di negeri  ini. Selain itu, diperlukan adanya kesatuan dan persatuan dari seluruh elemen bangsa, serta adanya tekad dan kemauan dari kepemimpinan politik tertinggi yang sedang berkuasa, untuk menciptakan pemerintahan dan masyarakat yang bersih dan bebas dari korupsi.

Seperti telah diketahui bersama, ada tiga  tahapan perbuatan korupsi jika dilihat dari segi akibat yang ditanggung oleh masyarakat dan negara :
  • Korupsi masih terbatas dan belum berdampak luas terhadap kehidupan   masyarakat luas. Peraturan sebagian besar masih ditaati tanpa adanya penderitaan rakyat. Hampir semua yang dibutuhkan rakyat dapat diperoleh tanpa harus melakukan penyuapan atau nepotisme. Pada tahap ini korupsi sangat terbatas, dikalangan atas dalam pemerintahan dan bisnis skala besar.
  • Korupsi tahap kedua ini, korupsi sudah semakin liar dan meluas cakupannya. Segala sesuatu yang harus diperoleh masyarakat/ publik, tidak akan didapat tanpa penyuapan dan nepotisme. Terutama akses-akses  fasilitas publik yang disediakan pemerintah/ negara dan memang merupakan kewajiban sepenuhnya pemerintah/ negara untuk memenuhinya,  baik mandiri ataupun terkait dengan pihak swasta.
  • Pada tahapan ketiga, korupsi sudah merusak semua sendi kehidupan masyarakat, baik secara langsung maupun  tanpa perlu terjadinya tindakan korupsi, dikarenakan korupsi sudah membentuk sistem tersendiri yang mengambil alih sistem pemerintahan/ ketatanegaraan yang ada. Dalam kondisi masyarakat dan negara yang sudah dikuasai oleh tata nilai baru yang diciptakan oleh faham korupsi dengan ciri khas  licik dan culas, hilang rasa malu, serakah  seperti sekarang ini, tugas dan gerakan pemberantasan korupsi dihadapkan pada tantangan dan hambatan yang sangat berat dan kompleks. Pada tahap ini, Indonesia berada.

Dengan semakin beratnya tugas pemberantasan korupsi, seiring dengan makin terpuruknya kondisi masyarakat Indonesia saat ini, yang diperlukan bukan perbaikan sistem hukum atau sistem pemerintahan maupun sistem politik. Dan bukan pula peningkatan gaji dan fasilitas para petinggi negeri ini seperti yang baru saja dinikmati para menteri, dan tidak lama lagi pasti disusul kalangan legislatif.

Faktor utama yang mutlak diperlukan dalam pemberantasan korupsi adalah  karakter kepemimpinan politik dan birokrasi yang bersih, tegas, cerdas, berwibawa, adil, kerakyatan,  anti korupsi, tidak lamban, mengutamakan tindakan nyata daripada beretorika serta tidak egosentris.

Jika karakter kepemimpinan seperti di atas yang dijadikan tolok ukur untuk menjadi pemimipin negeri ini,  maka bukan hal yang tidak mungkin, perjalanan panjang dan penuh hambatan dalam pemberantasan korupsi akan membuahkan hasil yaitu, terciptanya masyarakat adil dan makmur.  Semoga.


 




Share this post

Repost 0
Published by Harsudi CH - in ARTIKEL
write a comment

comments

logo design help 01/16/2010 05:49


The good thing about your information is that it is explicit enough for students to grasp. Thanks for your efforts in spreading academic knowledge.


Harsudi CH 02/06/2010 09:49


Thank you for your appreciate


speech ideas 12/05/2009 07:36


Great site and the information is unique.


Harsudi CH 12/06/2009 16:30


I am very happy, you had appreciated my posting and my blog. Thank you so much. Warm regards. Harsudi.


Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES