Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
April 26 2012 5 26 /04 /April /2012 19:57

Dhurandhara HKP - detikNews

Kamis, 26/04/2012 14:28 WIB

Jakarta Mantan Menkes Siti Fadilah Supari telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Mabes Polri atas dugaan pembantuan penyalahgunaan wewenang tindak pidana korupsi terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) yang dilaksanakan oleh Kepala Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan Kementerian Kesehatan. Penetapan tersangka ini dipertanyakan oleh kuasa hukum Siti.

"Mabes Polri ada keterangan lain yang berbeda. Menurut Kadiv Humas, Ibu Siti masih sebagai saksi, tapi di tipikor mabes jadi tersangka. Bahkan SPDP sudah dikirim ke kejaksaan. Kenapa ibu Siti dijadikan sebagai tersangka di dalam penunjukkan langsung, itu yang kami permasalahkan," ujar salah satu kuasa hukum Siti Fadilah, Indra Sahnun Lubis, kepada wartawan di Pengadilan Tipikor, Jl Rasuna Said, Kuningan, Kamis (26/4/2012).

Indra yakin, kliennya tidak bersalah dalam kasus pengadaan alkes ini. Menurutnya, tindakan penyelewengan justru terjadi dalam level bawahannya.

"Ada nota dinas dari sekjen dinkes minta petunjuk keadaan mendesak di Sidikalang, ada banjir. Dalam notanya tertulis, apa memungkinkan untuk dilakukan penunjukan langsung. Ibu Siti menyatakan boleh dilakukan asal mematuhi aturan dan undang-undang. Tapi di bawah, bawahannya, melakukan suatu penunjukan langsung bukan saja terhadap keadaan mendesak atau bencana, tapi pengadaan alat kesehatan rumah sakit-rumah sakit di Jakarta juga dilakukan penunjukan langsung tanpa tender," beber Indra.

"Jadi, tidak pantaslah ibu sebagai tersangka dalam pembelian alat-alat rumah sakit dan kedokteran," tambah Indra.

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mendatangi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Dia datang untuk bersaksi bagi terdakwa Mulya A Hasyim dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan penanggulangan wabah flu burung.

Sebelumnya, Siti Fadilah disidik atas dugaan pembantuan penyalahgunaan wewenang tindak pidana korupsi terkait pengadaan alkes untuk buffer stock/KLB dengan metode penunjukan langsung yang dilaksanakan oleh Kepala Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan antara Oktober 2005-November 2005, sebesar Rp 15.548.280 sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 6.148.638.000 di Kantor Kementerian Kesehatan.

Siti Fadilah dijerat dengan pasal 2 dan 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah menjadi UU No 20 Tahun 2001 UU Pemberantasan Tipikor juncto pasal 56 KUHP pidana.


(mpr/mpr)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES