Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
September 8 2012 7 08 /09 /September /2012 03:39
Jumat, 07/09/2012 19:52 WIB
Fajar Pratama - detikNews
   

Jakarta Dalam kasus suap wisma atlet dan proyek-proyek di universitas, KPK menempuh terobosan baru. Lembaga antikorupsi ini menerapkan pasal perampasan harta hasil korupsi, sekalipun pasal utama yang digunakan untuk menjerat Angie adalah pasal suap.

KPK mendakwa Angie dengan tiga dakwaan alternatif yakni Pasal 12 Huruf a, atau Pasal 5 Ayat 1 Huruf a, atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ketiga pasal tentang suap dan gratifikasi itu dihubungkan dengan pasal 18 tentang perampasan harta sebagai biaya pengganti.

Kombinasi antara pasal suap dengan pasal hukuman pengganti ini terbilang baru bagi KPK. Biasanya pasal tentang hukuman pengganti dikaitkan dengan korupsi yang menimbulkan kerugian negara secara langsung.

"Ya ini memang ini terobosan baru. Jika terbukti di pengadilan, uang berasal hasil korupsi maka hakim bisa memerintahkan perampasan uang pengganti," ujar Jubir KPK Johan Budi mengomentari terobosan yang dilakukan jaksa dan penyidik KPK, Jumat (7/8/2012).

"Ini adalah langkah awal KPK untuk lebih progresif dalam rangka melakukan langkah-langkah yang disebutkan extraordinary action. Ini adalah langkah juga untuk upaya membuat pelaku atau calon pelaku tindak pidana korupsi jadi jera atau deterrent effect," sambungnya.

Angelina Sondakh menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, kemarin. Angie sapaan akrab Angelina didakwa menerima uang suap dari Permai Grup sebesar Rp 12 miliar dan US$ 2,35 juta.

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Salim mengatakan uang tersebut diberikan sebagai fee karena Angie menjabat sebagai anggota Badan Anggaran DPR dan Koordinator kelompok kerja di Komisi X DPR yang memiliki kewenangan membahas anggaran. Pemberian fee itu bertujuan agar proyek-proyek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga diloloskan sesuai dengan permintaan Permai Grup.

(fjp/mpr)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES