Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
June 1 2011 4 01 /06 /June /2011 22:58

 01/06/2011

BANDA ACEH – K@barNet- Komisi Pemberantasan Korupsi dan DPRA (Dewan Perwakilan Rakyat Aceh) diminta menyikapi dugaan korupsi Gubernur Aceh, Irwandi Jusuf, selama memimpin Aceh. Irwandi dan wakilnya, Muhammad Nazar, disinyalir terlibat dalam sejumlah kasus korupsi besar di Aceh.


Menurut Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI) dan Mahasiswa Peduli Keadilan (MPK), Irwandi Jusuf terlibat 5 kasus korupsi besar selama memimpin Aceh. “Ada lima kasus besar yang diduga dilakukan gubernur dan wakil gubernur,” teriak Maulana Ridha dari AJMI dan MPK saat aksi demo.


Dia menyebutkan, kasus dugaan tindak pidana korupsi atas pekerjaan kegiatan lanjutan (DPAL) proyek APBA tahun anggaran 2009 sekitar Rp490 miliar yang tak dianggarkan pada APBA 2009. Kasus korupsi kronis juga terjadi di Dinas Kesehatan Aceh. Maulana mengatakan, upaya pengusutan adalah konsekwensi dari hukum tentang upaya penyelamatan aset dan uang negara. “DPRA harus bertindak tegas dan segera membentuk Pansus mengusut dugaan korupsi,” ujar dia.


Pendemo juga mendesak pengusutan dugaan korupsi pada proyek pengadaan CT-Scan, yang diduga melibatkan orang nomor satu di daerah itu.

Sementara itu, Gerakan Rakyat Antikorupsi (GeRAK) Indonesia mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menangkap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Aktivis GeRAK menuding Irwandi melakukan korupsi menyebabkan potesial kerugian negara Rp1,8 triliun dengan total 170 kasus di Aceh. “GeRAK meminta kepada KPK untuk memanggil gubernur Aceh dalam tempo sesingkat-singkatnya. Seluruh unsur perbuatan melawan hukum dan tindak pidana telah terpenuhi,” ujar Presidium GeRAK, Akhiruddin Mahjuddin, di Jakarta.


GeRAK menuding Irwandi yang sudah terbukti melakukan korupsi seperti pengadaan alat kesehatan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) di Banda Aceh Tahun Anggaran 2008 berupa CT Scan 64 dan Chat-Lab yang terindikasi penggelembungan harga Rp18 miliar. Disebutkan, temuan ini berdasarkan penulusuran Inspektorat Aceh. “Perusahaan tersebut menang pengadaaan karena teman dekat Irwandi,” ungkap Akhiruddin.


Bahkan GeRAK menuding Irwandi membeli mobil mewa dari hasil korupsinya antara lain memiliki tiga Jeep Robicon dan mobil mewah lain serta punya rumah di Medan Sumatera Utara, Singapura dan Jakarta. Padahal sebelum menjadi gubernur, dia hanya punya satu vespa putih. “Irwandi dan Nazar (Wakil Gubernur Aceh) mesti diperiksa. Korupsi di Aceh menyebabkan rakyat sengsara,” pinta Akhiruddin. WASPADA

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES