Follow this blog
Administration Create my blog
February 10 2010 4 10 /02 /February /2010 01:34
kunciKasus korupsi dan pemberantasan korupsi seperti  dua sisi mata uang, dan berbanding lurus karena semakin gencar upaya pemberantasan dan pencegahannya, makin gencar pula pelaku korupsi melancarkan serangan balik dengan berbagai modifikasi modus operandi yang semakin rumit dan sistematis sehingga makin mempersulit proses investigasi, dan penyidikan.

Belum lagi upaya  para koruptor, menempuh jalur-jalur politik  untuk mempengaruhi opini publik dengan memutarbalikkan fakta bahwa apa yang ditempuh adalah benar, sesuai kebijakan yang telah digariskan, terlebih lagi  berdalih demi kepentingan stabilitas ekonomi, perbankan dan alasan lainnya yang tidak masuk akal, bagi yang masih mempunyai nurani. Sehingga makin mempersulit penuntasan kasus dalam upaya pemberantasan korupsi.

Tidak hanya sampai disitu, dilancarkan pula konspirasi kriminalisasi terhadap pimpinan institusi pemberantasan korupsi untuk melemahkan peran dan fungsi institusi.

Mengapa bisa terjadi seperti itu. Bukankah sistem pengawasan internal, eksternal dan penegakan hukum telah dijalankan. Apa yang salah dalam pelaksanaan semua proses itu. Banyak jawaban dan analisis yang didapat, baik dari kaca mata hukum, politik, birokrasi, sosiologi maupun yang lainnya. Yang pasti, berbagai jawaban dan analisis itu, mengandung kebenaran sesuai sudut pandangnya. Namun ternyata, itu semua belum sepenuhnya memberikan solusi untuk penuntasan kasus korupsi beserta upaya pencegahannya.

Ada satu hal penting dan mendasar yang bisa jadi sangat menentukan dalam upaya pemberantasan korupsi termasuk pencegahannya, tidak lain adalah faktor keteladanan dari pemimpin masing-masing institusi yang menjalankan sistem pemerintahan dan kenegaraan di negeri ini. Karena sebaik apapun suatu sistem dengan perangkat peraturan perundang-undangan yang lengkap dan sesuai kaidah hukum, serta berorientasi kesejahteraan rakyat, tetap saja akan mampu ditembus oleh tipu daya kenikmatan hasil korupsi, jika terdapat  kerapuhan kepemimpinan yang tidak mampu memberikan keteladanan untuk mengemban amanah dan tanggung jawab, karena  telah larut dalam gelimang harta hasil jarahan yang diperoleh melalui korupsi.

Adalah suatu keniscayaan, pemimpin yang memberikan keteladanan mengemban amanah agar tidak terpedaya oleh perilaku korup, kemudian berani bertindak tegas terhadap setiap pelaku korupsi yang terjadi di lingkup tanggung  jawabnya,  pasti akan memberikan efek jera bagi yang lain. Namun sebaliknya jika pemimpin telah masuk dalam jaringan koruptor, yang terjadi adalah satu kata dan perbuatan dengan sang pemimpin.



Bookmark and Share

Share this post

Published by Harsudi CH - in ARTIKEL
write a comment

comments

asasa 20/02/2010


plz visit my blog: http://zeloy-bio-asli.blogspot.com/

great for your health...

thanks..


Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES