Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
September 14 2012 6 14 /09 /September /2012 22:27

Penyidik KPK hanya 70 orang. Jika 20 ditarik, tentu kinerja terganggu

Jum'at, 14 September 2012, 20:27 Arfi Bambani Amri, Dedy Priatmojo
Johan Budi SP
VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum mengambil sikap terhadap surat Mabes Polri mengenai nasib 20 orang penyidik KPK yang bakal ditarik Mabes Polri. Usulan menolak penarikan penyidik KPK ke Mabes Polri tengah dikoordinasikan, namun masih menunggu keputusan.


"Ini yang akan dikoordinasikan situasi, kondisi KPK kepada Kapolri," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Jumat, 14 September 2012.

KPK sendiri sedang  intensif melakukan penyidikan sejumlah kasus korupsi. Dengan komposisi jumlah penyidik sekitar 70 orang ini, kata Johan, tentunya jumlah ini tidak sebanding dengan perkara korupsi yang ditangani KPK. Johan mengilustrasikan perbandingan satu orang penyidik menangani 3 hingga 4 perkara.

"Karena sangat penuh (kasus yang ditangani KPK) dibanding jumlah penyidik kita yang terbatas. 1 penyidik bisa menagani 3-4 kasus, ini yang akan dikoordinasikan pimpinan KPK dengan Kapolri," ujar Johan.

Meski demikian, Johan menampik tudingan penarikan 20 orang penyidik KPK ini berkaitan dengan kasus korupsi Simulator SIM di Korlantas Polri yang tengah disidik KPK. "Dari 20 itu memang ada yang tangani Simulator, tapi tidak ada kaitannyalah, tidak ada," ucap Johan.

Diakui Johan, jika penarikan 20 penyidik KPK ke Mabes Polri dapat mengganggu penanganan perkara di KPK. Namun, pihaknya tidak ingin berspekulasi terhadap keputusan yang masih dirapatkan oleh pimpinan KPK dan Kapolri.

"Ini kan belum ada putusan final. Nanti akan dikoordinasikan. Kalau dikatakan 20 itu tidak dipekerjakan lagi di KPK, KPK lagi tangani banyak kasus, penyidik kita terbatas. Tapi masih bisa dikomunikasikan antara pimpinan KPK dengan Kapolri," katanya.

Markas Besar Kepolisian RI sendiri membantah menarik 20 personelnya yang ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi. Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Sutarman menyatakan, 20 penyidik yang ditugaskan di KPK itu sebenarnya masa tugasnya sudah habis. "Ada personel Polri yang ditugaskan di KPK habis masa penugasannya," ujar Sutarman.

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES