Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
February 14 2012 3 14 /02 /February /2012 19:38
Andi Saputra - detikNews

Selasa, 14/02/2012 13:59 WIB

 
Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengritik Mahkamah Agung (MA) yang mengumumkan putusan Peninjauan Kembali (PK) Antasari Azhar tanpa disertai alasan. Sebab hal ini akan membuka peluang manipulasi isi putusan.

"Ini sampai sekarang memberi ruang besar untuk memanipulasi terjadinya perubahan di luar keharusannya. Jadi sebaiknya kebiasaan buruk seperti itu dihentikan. Setiap kali mau bacakan putusan, harus lengkap dan sudah diketik ditandatangani dan langsung dibagikan saat itu juga," kata Jimly kepada wartawan, Selasa (14/2/2012).

Menurut Guru Besar Hukum Universitas Indonesia (UI) ini, kebiasaan dalam pembacaan putusan tanpa diikuti dengan pertimbangan hukum harus dihentikan. Harusnya usai dibacakan, maka langsung disertai pemberian putusan kepada para pihak yang berperkara.

"Ini kebiasan buruk di pengadilan yang harus dihentikan," pinta Jimly.

Kebiasaan buruk ini lalu dipangkas oleh MK yang dia bidani kelahirannya. Seharusnya MA sebagai peradilan yang besar dapat menerapkan sistem seperti MK yaitu setiap pembacaan putusan dalam sidang terbuka untuk umum benar-benar transparan.

"Naskah putusan harus dibagikan pada perserta sidang, itu harusnya sejak tahun 2004 sejak dimulai di MK, lengkap dengan lampirannya itu, langsung dibagi kepada para pihak itu harusnya dijadikan contoh keputusan yang profesional transparan dan bisa dipertanggungjawabkan," papar mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini.

Seperti diketahui, Senin (12/2) kemarin hakim agung MA Suhadi mengumumkan putusan PK Antasari. Pengumuman tersebut hanya berisi 'permohonan ditolak'. Suhadi beralasan proses pengetikan putusan masih berlangsung. "Dalam minggu ini, tunggu saja di website MA," kata Suhadi.


(asp/irw)
Baca Juga

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES