Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
July 11 2012 4 11 /07 /July /2012 22:59
Rabu, 20/06/2012 13:08 WIB
M Rizki - detikNews

Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) mengklaim telah melakukan penyelamatan uang negara hingga mencapai triliunan rupiah. Namun hal ini dikritisi Indonesian Corruption Watch (ICW), karena data yang menunjukkan sitaan hasil tindak pidana korupsi yang diserahkan ke negara hanya miliaran rupiah.

"Kerugian negara yang diklaim diselamatkan oleh Kejagung mencapai Rp 8 triliun, ternyata setelah dilakukan penelusuran hanya mencapai hitungan miliaran," ujar peneliti ICW, Ilian Detasari, dalam Seminar Nasional 'Peranan Civitas Akademika Dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia' di Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2012).

Ilian mengungkapkan data pada 2008 sesuai hasil laporan BPK. Dia menambahkan, banyak modus yang dilakukan oleh para oknum jaksa dalam melakukan penggelapan terhadap uang negara tersebut. Seperti menjual lagi aset yang disita atau tidak melakukan pelelangan terhadap aset yang disita.

"Yang paling parah adalah, ada uang hasil rampasan hasil korupsi yang tidak disetorkan ke negara. Tetapi disimpan di brankas dan menurut informasi yang didapat digunakan untuk melakukan hajatan selametan wisudanya," ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Deputi Penindakan KPK, KMS Rony, menyatakan korupsi harus dimulai dari tingkat paling awal. Menurutnya korupsi itu bisa dihilangkan apabila dari awal seluruh masyarakat menyadari pentingnya pemberantasan korupsi, dan itu bisa dimulai di lingkungan kampus atau civitas akademika.

"Kita harus bekerjasama melakukan mendukung pemberantasan korupsi. Karena korupsi itu dampaknya luas, seperti pelayanan publik yang rendah, mahalnya harga barang dan meningkatnya maasyarakat miskin," imbuh Rony.


(lh/lh)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES