Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
August 24 2010 3 24 /08 /August /2010 01:56
"Rumah tak disita, rekening di Mandiri tak diblokir, rekening di Niaga dibuka blokirnya."
Senin, 23 Agustus 2010, 17:33 WIB
Ismoko Widjaya, Fadila Fikriani Armadita

VIVAnews - Tersangka kasus mafia pajak Gayus Tambunan menyebut nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi dalam persidangan.

Gayus menyebut Ito termasuk dalam daftar penerima jatah suap.  "Kaba-nya (Kepala Bareskrim) dua. Kaba yang lama Pak Susno dan Kaba yang baru Pak Ito," kata Gayus Tambunan saat menjadi saksi terdakwa Komisaris Polisi M Arafat Enanie, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 23 Agustus 2010.

Dana yang dimaksud Gayus adalah jatah yang juga disisipkan untuk mantan Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji. Aliran dana itu sebagai upeti atas pembukaan pemblokiran rekening Gayus.

Gayus Tambunan (Adri Irianto/VIVAnews)

 

Gayus menjelaskan dari Rp 20 miliar uang blokir rekening yang dibuka, dia menganggarkan Rp 5 miliar untuk diberikan kepada polisi. "Diberikan secara bertahap, pertama US$500 ribu," kata mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak ini.

Selain dua pimpinan Bareskrim itu, Gayus juga menyebut dua direktur yang saat itu menangani kasus Gayus. "Dir (Direktur) nya dua, Pak Edmon (Ilyas) dan Pak Raja (Erizman), Kanitnya (Kepala Unit) dua, Pambudi dan Eko," kata dia.

Kemudian, rencananya uang US$500 ribu itu akan diserahkan kepada polisi. Tetapi, apakah uang itu sampai ke tujuan? Belum bisa dipastikan.

Gayus mengaku tidak yakin apakah uang yang dititipkan melalui Haposan sampai kepada orang-orang yang disebutnya tadi. Hanya saja, Gayus yakin uang itu sampai ke tangan petinggi Polri karena tidak dilakukan penahanan terhadap dirinya.

"Rumah tidak disita, rekening di Mandiri tidak diblokir, rekening di Bank Niaga dan Bank Panin dibuka blokirnya," kata dia.

Sebelumnya, Gayus menyatakan sempat menanyakan perihal dana jatah itu kepada Susno, ketika keduanya berada dalam tahanan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok.  "Pak Susno bilang tidak terima," kata Gayus.

Bantahan senada diungkapkan Ito. "Untuk uang itu, saya katakan sama sekali tidak benar," kata Ito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 6 Mei 2010. "Itu harus dibuktikan."

Polri sudah sejak lama menegaskan pencabutan blokir rekening Rp 25 miliar milik Gayus Tambunan, terjadi saat Susno Duadji masih menjabat.

"Pencabutan blokir itu pada 26 November 2009. Itu masih jabatan beliau (Susno Duadji)," kata Wakil Kepala Bareskrim Polri Inspektur Jenderal Dik Dik Mulyana Arief Mansur 19 Maret silam.

Sedangkan, serah terima jabatan Susno Duadji berlangsung pada 30 November 2009. Menurut Dik Dik, Kepala Bareskrim yang baru, Komisaris Jenderal Ito Sumardi tidak mengetahui adanya pencabutan pemblokiran rekening. "Sertijab kita 30 November. Pemblokiran itu berlangsung saat Pak Susno masih menjabat," ujar dia.

• VIVAnews

 

BERITA TERKAIT

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES