Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
May 18 2013 7 18 /05 /May /2013 21:53

Mulai diberlakukannya UU No. 14/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) telah memberikan jaminan serta kepastian hukum yang lebih jelas bagi publik untuk bisa mengakses informasi yang dikuasai oleh badan publik pemerintah. Dimana, termasuk dalam kategori informasi publik tersebut adalah informasi anggaran yang digunakan dan dikelola oleh badan publik.

 

Maka pada 10/10  yang lalu Seknas FITRA  bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris mengadakan  Workshop  dengan tema “Penyusunan Instrumen Study  Keterbukaan Informasi Anggaran Publik  Yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala” bertempat  di Hotel Sofyan Tebet Jakarta. Acara dihadiri oleh belasan perwakilan dari LSM Anggaran.  Dalam Workshop tersebut Koodinator Research&Development Seknas FITRA H. M. Maulana  menjelaskan rencana study tahunan Seknas FITRA dengan melakukan uji akses keterbukaan informasi di sejumlah kementerian dan lembaga. Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya untuk study kali ini seknas FITRA akan melakukan uji akses melalui website-website kementerian dan lembaga(K/L) publik untuk memastikan dijalankannya UU  tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Kita akan melihat dokumen yang wajib dipublikasi dan wajib disediakan oleh K/L selain itu Kegiatan ini juga untuk membuat instrument dan meminta input dari kawan-kawan LSM terkait issue keterbukaan informasi.

 

 Acara tersebut dihadiri pula oleh Ketua Komisi Informasi Abdul Rahman Ma’mun juga mengumumkan hasil penelitian keterbukaan informasi  yang dilakukan oleh Komisi Informasi pada sejumlah kementerian dan lembaga. Menurut Abdul Rahman Ma’mun Selain informasi wajib diumumkan kementerian dan lembaga melalui website, mereka juga  wajib menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat. “Ada lembaga yang memiliki website yang bagus namun ketersediaan dokumennya minim namun ada juga yang websitenya biasa saja namun memiliki ketersediaan  dokumen yang baik dan lengkap Jadi harus dilihat juga kelengkapannya itu” tuturnya.

/Redaksi FITRA

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in LAIN-LAIN
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES