Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
November 14 2011 2 14 /11 /November /2011 12:58

Minggu, 13/11/2011 19:39 WIB

 

Ari Saputra - detikNews

Jakarta - Revisi Undang-undang Tindak Pidana Korupsi membuka peluang baru untuk memberantas korupsi yang dari waktu ke waktu semakin rapih modus operandinya. Indonesian Corruption Watch (ICW) mengusulkan pemerintah dan DPR segera mengadopsi pasal pencucian uang untuk dicangkokan ke UU Tipikor hasil revisi.

Dengan pasal tersebut, kata ICW, mekanisme pembuktian terbalik dapat dipraktikkan di Pengadilan Tipikor. Dalam membuktian terbalik, bukanlah jaksa yang membuktikan terdakwa bersalah, melainkan terdakwa sendiri yang membuktikan kekayaanya diperoleh dari hasil yang sah.

"Sebenarnya tanpa revisi, bisa dilakukan juga dengan pembuktian terbalik. Tapi dengan merevisi, lebih kuat," kata Febri Diansyah dalam diskusi 'Modernisasi Kejahatan Korupsi dan Upaya Pemberantasannya', di Jakarta, Minggu (13/11/2011).

Febri mencontohkan, pembuktian terbalik terbukti 'sukses' menjerat terpidana korupsi pajak Bahasyim Assifiie saat diadili di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akhir tahun lalu. Awalnya, Bahasyim hanya dijerat pasal pemerasan senilai Rp 1 miliar kepada wajib pajak Kartini Muljadi.

"Namun dalam dakwaan jaksa, diketahui lalu-lintas rekening Bahasyim tidak wajar. Jumlah hartanya Rp 64 miliar dengan gaji pejabat pajak sekitar Rp 20-an juta. Hakim memerintahkan Bahasyim membuktikan uangnya legal tetapi Bahasyim tidak bisa. Ini kasus unik," imbuh Febri.

Lantas, Bahasyim dihukum 10 tahun penjara oleh PN Jaksel dan saat ini masih tahap kasasi di Mahkamah Agung (MA). Tidak hanya itu, seluruh harta Bahasyim disita untuk negara.

"Ini yang ditakuti koruptor, pemiskinan koruptor dengan merampas hartanya. Bisa untuk membiayai pelayanan publik, fasilitas umum atau untuk negara. Sebab, koruptor tidak takut di penjara. Koruptor hanya takut miskin. Itu sesuai dengan ungkapan 'uang adalah darah kejahatan'," tandas Febri.


(Ari/anw)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES