Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
March 31 2011 5 31 /03 /March /2011 18:22
31 Maret 2011 | 09:19 | Hukum
 

Yudi Rahmat- PO

 

Jakarta - Wakil Koordinator Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengatakan upaya pemberantasan korupsi dan mendapatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat marjinal di negeri ini tidaklah mudah. 

"Aktivis antikorupsi dan pembela hukum publik/HAM seringkali mendapatkan ancaman ketika berupaya mengungkapkan kasus korupsi dan memperjuangkan hak-hak bagi kaum tertindas," kata Emerson melalui rilisnya, Kamis (31/3)

Berdasarkan pantauan dan pengalaman ICW bersama dengan mitra kerja di 10 daerah, ada pola ancaman terhadap aktivis pembela HAM selama lima tahun ini.

Bentuk ancaman yang umumnya dilakukan seperti intimidasi, kekerasan, percobaan penyuapan, perusakan barang atau kantor, kriminalisasi, pemutusan hubungan kerja, kampanye hitam, bahkan upaya pembunuhan.

"Kondisi tersebut tidak perlu terjadi jika negara betul-betul memberikan perlindungan baik secara fisik maupun proses hukum. Regulasi seperti UU HAM, LPSK, bahkan UU Tipikor yang ada juga tidak maksimal melindungi para pembela HAM dan aktivis antikorupsi," kata Emerson.

Oleh karenanya perlu ada UU yang khusus melindungi pembela HAM. Menurut Emerson, saat ini sudah ada Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembela HAM yang menjadi prioritas pembahasan legislasi di DPR pada tahun 2011. Namun sayangnya naskahnya hingga saat ini masih belum juga dibahas.

(feb)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES