Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
December 15 2010 4 15 /12 /December /2010 01:56

Minggu, 12/12/2010 14:10 WIB

Ramadhian Fadillah - detikNews

 


Namun beberapa peserta tes mengaku masih mendaftar lewat agen atau yayasan penyalur tenaga kerja. Mereka diiming-imingi dengan membayar uang Rp 10 juta, para TKI ini akan lulus tes. Parahnya lagi, setelah lulus dan bekerja di Korea, para TKI ini harus membayar Rp 15 juta sebagai balas jasa pada agen TKI ini.

"Kalau lulus saya harus bayar 10 juta sama yayasan. Nanti kalau sudah kerja ditarik lagi Rp 15 juta," ujar seorang wanita peserta tes asal Jawa Tengah di Universitas Pancasila, Jl Raya Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (12/12/2010).

Menanggapi hal ini, Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat mengimbau agar para calon TKI tidak tertipu praktek semacam ini. Jumhur menegaskan cara-cara resmi pelaksanaan tes bisa diakses lewat website BNP2TKI.

"Jangan mau lewat calo. Langsung saja, tidak ada yang bisa menjamin seseorang lulus atau tidak," imbau Jumhur saat meninjau pelaksanaan tes di Universitas Pancasila.

Menurut Jumhur, ada beberapa calon TKI yang memang mengikuti kursus bahasa Korea di beberapa lembaga. Hal ini tidak dilarang, tapi jika sampai ada lembaga yang menjanjikan bisa meluluskan tes, Jumhur meminta calon TKI tidak tertipu.

"Jangan sampai seperti itu," tambah dia.

Jumhur menjelaskan, setelah dinyatakan lulus, barulah TKI dikenakan biaya Rp 6 juta. Biaya itu merupakan biaya resmi yang meliputi biaya tiket, asuransi, biaya pelatihan singkat dan biaya medical check up. Selain itu untuk biaya visa dan paspor.

"Di luar itu tidak ada biaya apa-apa lagi," tutup Jumhur.

(rdf/gun)

Share this post

Repost 0
Published by Admin - in BERITA KORUPSI
write a comment

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES