Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
June 1 2011 4 01 /06 /June /2011 22:56

Senin, 28 Maret 2011 - 21:09 WIB

           

KARAWANG (Pos Kota) – Siswa kelas tiga SDN Pangulah Selatan, Namin Budiman, 10, warga Kampung Daringo RT 01 RW 05 Desa Pangulah Selatan, beberapa bulan terakhir ini terkulai lemas berat badannya melorot, saat ini hanya 18 Kg, waktu masih sehat berat badannya masih 23 Kg.


Namin, sempat dirawat di rumah sakit umum menggunakan kartu Jamkesda dan Jamkesmas. Ketika diperiksa dia dinyatakan kekurangan gizi, ungkap Arwanto, 30, ayahnya Namin, yang pekerjaaan sehari –harinya sebagai tukang parkir di Cikampek.

Sebenarnya orangtuanya itu menghendaki anaknya dirawat di rumah sakit, tapi karena kendalanya biaya, sehingga sekarang ini hanya berobat jalan, aku Arwanto.


Namin Budiman, ternyata merupakan salah satu dari 110 Balita di Karawang yang menderita gizi buruk. Data ini diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang. Meski tiap tahun program penanggulangan gizi buruk dicanangkan Pemkab Karawang, namun jumlah penderita gizi buruk selalu bertambah.


Bahkan, jumlahnya tidak menutup kemungkinan lebih besar. “Penanganan gizi buruk bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, melainkan juga dari stakeholder bersama-sama elemen masyarakat lainnya,” ucap dr. Asep Hidayat, Kepala Dinkes Karawang, Senin (28/3).


Asep Hidayat mengungkapkan, masalah gizi lain yang ditemukan pada kegiatan itu adalah gangguan akibat kekurangan yodium, termasuk endemic gaky yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Tegalwaru, Pangkalan, Ciampel, Telukjambe Barat, Banyusari, Kotabaru, serta Batujaya.


Untuk menanggulangi masalah gizi buruk, Pemkab telah melakukan berbagai langkah, yaitu  pelacakan dan surveilans aktif gizi buruk hingga pemeriksaan kesehatan balita gizi buruk, termasuk penyuluhan dan konseling. Bahkan memberikan pelatihan tata laksana gizi buruk bagi petugas gizi di Puskesmas. (nourkinan/B)

Share this post

Repost 0

comments

Overview

  • : CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • CAKRAWALA JAGAD RAYA- SOLIDARITAS ANTI KORUPSI
  • : BLOG SOLIDARITAS ANTI KORUPSI - Ungkapan dan pandangan tentang berbagai permasalahan sosial, ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan hidup, praktek penyelenggaraan negara sebagai akibat dari tindak pidana korupsi serta fenomena-fenomena terkait.
  • Contact

Profile

  • Harsudi CH
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan  korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.
  • Anak bangsa yang miris melihat kondisi sosial ekonomi di negeri tercinta Indonesia. Tidak bisa berbuat banyak kecuali mengajak sesama anak bangsa untuk mulai sadar dan peduli melawan korupsi yang semakin menggurita di Bumi Ibu Pertiwi ini.

KORUPSI ADALAH NAFAS KEHIDUPAN MAYORITAS PENYELENGGARA NEGARA

addesign-copy-1http://blog-indonesia.com/image/badge_3dyellow.gif

ANNOUNCEMENT

Archives

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
HILANG HARAPAN ANAK INDONESIA AKIBAT KORUPSI

.

Clipping - Politik / Korupsi

Categories

SHOLAT TIMES